Prosedur Peminjaman Koleksi

Koleksi teks di perpustakaan dapat dipinjam oleh siapapun yang sudah menjadi anggota perpustakaan, baik dari mahasiswa, dosen, maupun anggota diluar lingkup Akademi. Proses peminjaman tersebut dapat dijabarkan prosesnya seperti berikut :

  1. Mengambil koleksi yang akan di pinjam. Maksimal 3 eksemplar
  2. Menyerahkan koleksi dan kartu tanda anggota perpustakaan kepada petugas.
  3. Proses verifikasi koleksi dan penjelasan mengenai masa peminjaman. Dengan durasi peminjaman 7 hari dari awal koleksi dipinjam.
  4. Pengunjung mendapatkan buku disertai tanda bahwa buku sudah dapat dipinjam.

Prosedur Pengembalian dan Perpanjangan Koleksi
Apabila jatuh tempo masa peminjaman koleksi telah usai maka peminjam diwajibkan mengembalikan koleksi perpustakaan. Namun apabila dirasa masih ingin melakukan peminjaman terhadap koleksi yang sama maka peminjam dapat melakukan proses perpanjangan koleksi. Hal ini diatur dan diterapkan untuk memfasilitasi dan memudahkan pemustaka. Untuk syarat perpanjangan antara lain sebagai berikut :

  1. Membawa koleksi yang akan diperpanjang ke perpustakaan maksimal 1 hari (h-1) sebelum durasi peminjaman berakhir disertai dengan kartu anggota perpustakaan.
  2. Menunggu verivikasi petugas untuk perpanjagan koleksi.

Denda Koleksi
Denda diberikan untuk menimbulkan efek jera bagi para peminjam koleksi yang sering terlambat dalam pengembalian. Denda yang diberikan berupa tunai dengan spesifikasi perhitungan denda perhari sebesar Rp. 500,00 berlaku kelipatan sampai buku tersebut dikembalikan. Apabila koleksi yang dipinjam hilang maka denda dapat berupa penggantian koleksi serupa atau juga tunai sesuai dengan harga koleksi hilang. Kerusakan saat koleksi dipinjam seperti robek, hilang halaman, rusak juga dapat dikenai denda.

~ administrator ~